Menyambut Idul Adha dengan Memahami Ketentuan Berqurban

Menyambut Idul Adha dengan Memahami Ketentuan Berqurban

Tidak kurang dari satu bulan, Hari raya qurban atau hari raya Idul Adha akan segera tiba. Namun apakah Anda sudah siap menyambutnya?

Setelah memahami dan memaknai dari ibadah qurban itu sendiri, biasanya seseorang akan langsung tergerak untuk segera melaksanakan ibadah yang memiliki amalan yang istimewa itu.

ketentuan dan syarat berqurban

Berqurban merupakan salah satu bentuk ketakwaan umat kepada Allah. Namun, hal tersebut dilakukan umat muslim tentunya harus memahami terlebih dahulu apa-apa saja yang menjadi ketentuan dalam berqurban.

Orang yang disyariatkan bequrban adalah orang yang mampu melaksanakan qurban. Memang ada dua pendapat tentang syariat qurban ini. Pendapat pertama mewajibkan, inilah pendapat yang dianut oleh Imam Hanafi. Pendapat yang kedua menyatakan bahwa hukum berqurban adalah sunnah muakkadah. Tapi inti dari kedua pendapat ini adalah bahwa berqurban disyariatkan kepada orang yang mampu. Berdasarkan hadits Rosulullah SAW, dari Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

”Siapa yang memiliki kelapangan tapi tidak menyembelih qurban, janganlah mendekati tempat shalat kami”. (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim menshahihkannya).

Adapun kriteria hewan qurban juga harus menjadi perhatian penting. Ada tiga syariat utama agar hewan yang diqurbankan sah dalam ketentuan islam. Yaitu hewan harus Bahimatul An’am (hewan ternak), memenuhi usia minimal untuk setiap jenis hewan, dan sehat.

Adapun usia dari ewan yang hendak diqurbankan itu beragam, untuk hewan doma itu sendiri minimal 6 bulan, kambing 1 tahun, sapi 1 sampai 2 tahun, sedangkan unta antara 3 dan 4 tahun.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan penyembelihan hewan qurban itu sendiri yaitu setelah shalat Idul Adha. Seperti yang tercantum pada surat Al-Kautsar ayat 2 yang berbunyi, “Salatlah untuk Rabb-mu dan berqurbanlah.” Maka waktu yang lebih tepat yaitu ketika hari raya yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhiah.

Dengan mempersiapkan dan memaknai hakikat dan makna berqurban itu sendiri, berharap semakin banyak umat yang tergerak hatinya untuk menunaikan ibadaj qurban. Sehingga kebahagiaan dari perayaan hari raya istimewa ini dapat pula dirasakan secara merata kepada seluruh umat muslim di Indonesia dan juga di mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *