Jemput Keberkahan dengan Sedekah Anak Yatim

Jemput Keberkahan dengan Sedekah Anak Yatim

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah diriwayatkan, bahwa beliau bersabda:

“Orang yang merawat anak yatim dan aku (Rasulullah) akan bersama di surga seperti ini,” kemudian beliau mengisyaratkan dengan dua jarinya, jari telunjuk dan jari tengah, kemudian merenggangkannya.

Saudaraku, perlu kita ingat bahwa memberikan santunan atau sedekah anak yatim adalah sebuah perbuatan yang sangat mulia dan terpuji. Semua orang di dunia ini berhak untuk mendapatkan kehidupan dan pendidikan yang layak, khususnya bagi anak-anak, perjalanan kehidupannya masih panjang dengan sejuta cita-cita yang mereka gantungkan. Namun kita juga tahu, bahwa pada kenyataannya tidak semua anak-anak mendapatkan kehidupan dan pendidikan yang layak. Terlebih bagi mereka yang sudah tidak mempunyai orangtua dan keluarga. Dalam riwayatnya, Rasulullah begitu mencintai dan mengasihi anak-anak khususnya anak yatim, dan hal ini menjadi contoh bagi kita agar kita bisa meneladani apa yang Rasulullah lakukan.

Telah kita ketahui bahwa pada kenyataannya banyak dari saudara-saudara kita yang kehilangan orangtuanya. Baik itu karena sakit, kecelakaan atau bahkan bencana alam. Kehilangan orangtua atau keluarga membuat mereka menjadi hidup dalam keadaan yatim piatu. Hal ini menjadi salah satu alasan kurangnya perhatian dan kasih sayang yang seharusnya mereka dapatkan. Karena alasan inilah sehingga kita hendaknya bisa berbagi kasih dan sayang baik berupa materi ataupun non materi. Kehidupan yang lebih layak, pendidikan yang cukup dan kasih sayang yang melimpah seharusnya membuat kita tergerak untuk bisa membantu, menyayangi, merawat, dan memberikan kasih sayang kepada mereka.

Bahkan karena keutamaan merawat anak yatim inilah sehingga Rasulullah pernah bersabda bahwa orang yang merawat anak yatim akan bersama dengan Rasulullah di surga. Saat mengucapkan kata-kata itu Rasul sembari mengisyaratkannya dengan jari telunjuk dan jari tengah. Dari hadits tersebut dapat kita bayangkan betapa dekatnya Rasulullah dengan orang-orang yang merawat anak yatim kelak di surga.

Selain itu, begitu banyak keutamaan-keutamaan saat kita menyayangi anak yatim. Dalam hal ini berarti memberikan santunan atau sedekah kepada anak yatim amat sangat besar fadhilahnya. Banyak orang-orang yang merasakan langsung hikmah dan berkah dari bersedekah kepada anak yatim. Mulai dari di permudah dari segala persoalan hingga terpenuhinya hajat-hajat dalam hidupnya. Namun alangkah lebih baik jika kita memberikan sedekah anak yatim dengan niat tulus karena Allah. Niat karena kita mencintai dan menyayangi mereka dan menjadikan sedekah ini sebagai jalan untuk mendapatkan Ridho-Nya. Dan mudah-mudahan ini menjadi jalan agar Allah Ridho kepada kita sehingga kita dikumpulkan bersama dengan anak-anak yatim di surga-Nya kelak. Aamiin.

Dalam rangka berbagi kasih dengan anak yatim, Qurbanmart Assalam bekerjasama dengan beberapa yayasan panti asuhan yang tersebar di daerah Bandung dan sekitarnya.

Yuuk, salurkan sedekah terbaik Saudara sebagai bukti syukur kita atas segala nikmat-Nya. Berbagi bersama anak yatim dengan harta terbaik yang kita miliki. Karena donasi yang kita salurkan adalah kebahagiaan untuk mereka. Salurkan donasi Saudara dengan Klik Disini

One Comment

  1. Subhanallaahhh..
    Momen berbagi kpada anak yatim, dapat menjadi momen dimana kita berkesempatan mendapatkan Ridho Allah Swt. Aaamiin ya rabbal’alamiinnn..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *